Tips Singkat Cara Memelihara Ikan Mas Koki

cara memelihara ikan mas kokiBagaimana sih cara memelihara ikan mas koki yang benar di dalam akuarium? Hal yang satu ini kerap kali ditanyakan oleh mereka yang mulai menjadikan akuarium sebagai hiasan dari ruangan dalam rumah yang dimilikinya. Memang ikan mas koki termasuk dalam jenis ikan hias air tawar yang sangat populer, itu sebabnya banyak sekali masyarakat yang menjadikan jenis ikan tersebut sebagai hewan peliharaannya dalam sebuah akuarium di dalam rumah.

Sebagai jenis ikan air tawar, ikan yang satu ini sebenarnya sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya, akan tetapi hal ini tentu agak sedikit berbeda apabila lokasi tempatnya berada bukan lagi di alam bebas melainkan di dalam akuarium. Hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa jenis ikan tersebut justru menjadi lebih sensitif, mudah sakit, dan bahkan mati. Untuk mengatasi hal tersebut cobalh untuk melakukan beberapa tips cara merawat dalam memelihara jenis ikan mas koki tersebut, dinataranya :

cara memelihara ikan mas kokiAkuarium

Apabila Anda ingin memelihara jenis ikan yang satu ini, maka hindarilah untuk memeliharanya di dalam toples, meskipun terlihat unik, tetapi hal yang satu ini tidak baik untuk kesehatan dari ikan tersebut. Lebih baik apabila Anda menggunakan akuarium dengan ukuran panjang 50 cm agar air di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

Aerator

Aerator adalah hiasan akuairium yang sangat penting untuk digunakan, hal ini dikarenakan jenis hiasan tersebut mampu membuat gelembung-gelembung yang membawa kandungan oksigen dalam air, dan juga membuat suasana dalam akuarium menjadi lebih nyaman bagi ikan di dalamnya.

Pola Makan

Meskipun jenis ikan mas koki dikenal senang makan, tetapi ada baiknya untuk hanya memberi makan sebanyak 1 x dalam waktu 1 hari saja. Hal ini berfungsi untuk menghindari kedaan tubuhnya yang terlalu gemuk dan juga membantu menjaga ekosistem yang dimilikinya. Selain itu, hindari pemberian makan malam hari, karena bakteri mudah berkembang pada malam hari.

 Pengontrol Suhu

Untuk pengontrol suhu pada akuarium itu dapat digunakan bohlam. Bohlam tersebut dinyalakan sebelum malam hari dan juga ketika hujan. Kinerja pengontrol suhu ini dapat terlihat melalui tingkah dari ikan mas koki tersebut. Apabila bohlam tersebut nyala, dan ikan mas koki biasa saja, maka tegangan dari bohlam tersebut sesuai dengan yang diinginkannya. Namun apabila ketika bohlam dinyalakan dan kemudian ikan mas koki tersebut mendekati atau bahkan menjauhi dari lingkungan bohlam, itu artinya suhu tersebut kurang hangat atau bahkan terlalu panas untuk tubuhnya.

Penggantian Air

Penggantian air atau lebih dikenal dengan istilah kuras itu dapat dibagi menjadi dua macam, ada bentuk penggantian air setengah akuarium yang dapat dilakukan setiap 1 minggu sekali, dan ada juga penggantian air secara keseluruhan yang dapat dilakukan setiap 1 bulan sekali.

Air

Apabila Anda menggunakan air PDAM untuk akuarium, maka biasakanlah untuk mendiamkan selama 1 malam sebelumnya apabila hendak mengganti air dalam akuarium tersebut. Hal ini berguna untuk mengendapkan kandungan kaporit di dalamnya. Kemudian biasakan pula untuk menambahkan garam laut secukupnya untuk menjaga kandungan amonia di dalamnya.

Sirkulasi Air

Selain beberapa bentuk dari hiasan aerator dan juga filter yang digunakan dalam akuarium, ada baiknya apabila Anda juga memasang sirkulasi air. Barang-barang tersebut berperan penting dalam hal menjaga kondisi air di dalam akuarium sehingga terhindar dari kandungan racun yang terdapat di dalamnya, dan juga menetralisir serta memperbanyak tingkat oksigen di bagian dalamnya. Hal ini sangat membantu Anda dalam menjaga kebersihan dari akuarium tersebut.

Tanaman Air

Selain beberapa hal di bagian atas, tidak ada salahn ya bagi Anda untuk mempercantik tampilan akuarium dengan menambahkan hiasan berupa tanaman air. Hiasan tersebut biasanya akan menjadi tempat yang bagus bagi pertumbuhan lumut, yang mana merupakan pakan penting bagi ikan mas koki yang dapat membuat warna ditubuhnya semakin cerah dan juga terang. Sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk membiarkan lumut tersebut tumbuh, namun hal yang harus diperhatikan jangan sampai lumut tersebut terdapat pada bagian depan kaca akuarium, karena hal ini akan mengganggu pemandangan dari akuarium tersebut.

Demikianlah beberapa bentuk tips singkat yang dapat menjadi referensi bagi Anda dan coba lakukan dalam cara memelihara ikan mas koki yang tepat.

 

Tags: #ikan hias

4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah
7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara
7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara
Indonesia kaya akan sumber daya alam yang
Tips Jitu Membuat Kolam Ikan Minimalis Di Lahan Sempit
Tips Jitu Membuat Kolam Ikan Minimalis Di Lahan Sempit
Siapa bilang rumah mungil tak bisa memiliki
Kolam Ikan Minimalis Batu Alam Fungsi dan Cara Membuatnya
Kolam Ikan Minimalis Batu Alam Fungsi dan Cara Membuatnya
Cara membuat kolam ikan minimalis batu alam

Top