Kampas Rem Motor

Rem merupakan bagian yang ter penting dari sepeda motor yang kita miliki. Setiap saat rem motor harus selalu kita cek agar aman dalam mengendarai motor. Rem motor ada dua jenis yaitu rem biasa dan rem cakaram. Rem ckaram biasa banyaka digunakan untuk rem depan. Memilih rem yang bagus untuk motor kita maka akan nyaman ketika akan mengrem motor kita. Berikut akan kita bahas tentang cara memilih rem yang bagus.

kampas rem

Memilih Memilih Kampas Rem Cakram Berkualitas

1. Stempel Plat Kampas Rem Cakram, yang harus kita perhatikan adalah jaminan dari bahan pembutannya, jadi bukan saja dilihat dari merknya, tidak selamanya merk menjamin kualitas, sekarang banyak sekali merk palsu yang beredar dipasaran, jadi jangan tertipu dengan merk mahal, kita harus teliti dulu sebelum membeli.

2. Penampang Alur Kampas, yang kedua adalah Penampang Alur Kampas, semakin banyak bidang gesek kampas piringan, maka akan semakin maksimal juga proses pengeremannya. Jadi sangat disarankan agar kita memilih kampas rem cakram dengan seminim mungkin, dan akan sangat lebih baik jika tanpa memiliki alur sekalipun, jadi hasilnya pun akan menghasilkan cengkeremannya sempurna.

3.   Tingkat kekerasannya
Perhatikan sudut patahan alurnya, jika rapi pasti keras, sebaliknya jika berserabut, pastilah rapuh dan mudah habis. Trik lain cukup dengan mengoyak permukaan kampasnya dengan media pengoyak yang keras misalnya ujung kuku. Jika terkoyak dalam, dapat dipastikan kampas tersebut empuk.

4.   Bahan kampas rem cakram
Pilih kampas rem berbahan non asbes karena kekuatan ikatan partikelnya kuat sehingga kampas rem tergolong keras dan tak mudah habis. Pilih juga kampas rem yang memiliki banyak campuran serbuk tembaga. Butiran tembaga berwarna orange ini memiliki daya gesek sangat bagus terhadap piringan cakram dan tidak merusak permukaan piringan cakram. Lain halnya dengan kampas berserbuk besi warna putih, aplikasinya cepat merusak permukaan piringan cakram karena tingkat kekerasan besi yang tinggi.

loading...