Tanaman Cabe Rawit Merah, Begini Budidayanya

Cabe rawit memang sudah familiar di telinga kita terutama bagi orang Indonesia cabe rawit adalah salah satu bahan masakan yang selau di gunakan sebagai bumbu masakan agar memberikan cita rasa pedas. Namun terkadang cabe rawit sering mengalami naik turun harga alas tidak stabil. Kadang bisa sangat mahal, kadang juga bisa sangat murah.

Cabe rawit termasuk ke dalam tanaman perdu dari famili terong- terongan atau solanaceae dengan nama ilmiah Capsicum sp.Cabe rawit dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi maupun rendah. Bertanam cabe rawit tersebut dapat memberikan nilai ekonomi yang cukup tinggi apabila diusakan dan bersungguh-sungguh, Jika 1 hektar tanaman cabe (cabai) rawit mampu menghasilkan (8 ton buah cabai rawit) Karena tanaman cabe rawit dapat kita usahakan selama dua setengah tahun selama musim tanam.

Tanaman Cabe Rawit Merah, Begini Budidayanya

Budidaya Cabe Rawit Merah dengan Polybag

Untuk menanam cabe rawit memanglah harus memiliki lahan, namun bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan atau tidak mempunyai lahan yang luas, anda dapat memanfaatkan pekarangan anda yang sempit untuk menanam cabe rawit dengan menggunakan paralon atau juga bisa dengan polybag.

Caranya sangat mudah, berikut ini urutan pembudidayaan cabe rawit merah dengan polybag:

Pemilihan benih

Pastikan benih cabe rawit merah yang anda pilih adalah benih yang berkualitas baik. Jika anda ragu anada dapat membeli benih dengan varietas unggul.

Penyemaian benih

Benih cabe rawit yang akan ditanam di pilybag sebaiknya disemaikan terlebih dahulu dengan tujuan agar perkembangan tanaman dapat maksimal. Media persemaian dapat menggunakan polybag kecil, daun pisang, atau petakan tanah kecil.

Media Tanam

Selanjutnya jika benih telah disemai, untuk menyiapkan lokasi penanaman paling lambat dua minggu sebelum waktu tanam. Bahan yang dibutuhkan antara lain: Tanah gembur atau top soil, Pupuk kompos, Tambahan pupuk kandang lalu dimasukkan ke dalam pot atau polybag dengan ukuran diameter minimal 30cm.

Penanaman benih

tahap pertama sebaiknya anda membuat lubang di bagian tengah media, lebih besar dari ukuran media bibit. lalu dorong dari bawah pilybag untuk membuka plastik bibit, selalu pastikan bibit tidak rusak. Masukkan bibit cabe ke dalam lubang yang telah dibuat. Tutup kembali lubang dan ratakan dengan tanah. Siram media tanam dengan air secara merata.

Perawatan benih

Pemupukan sebaiknya menggunakan pupuk organik cair yang disemprotkan pada masa pertumbuhan daun dan buah. Penyiraman dilakukan 3hari sekali, namun jika matahari sangat terik siramilah setiap hari. Penanggulangan hama sebaiknya menggunakan anti hama alami.

Pemanenan Cabe Rawit Merah

Pemanenan dapat dilakukan setelah 2bulan ditanam. Masa panen paling baik adalah saat buah cabe belum sepenuhnya berwarna merah.

 

 

Tags: #Begini #Budidayanya #Cabe #Cabe Rawit #Merah #Rawit #Tanaman

Cara Beternak Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah
Cara Beternak Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah
Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah Berjerawat
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah Berjerawat
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah
Cara Alami Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata
Cara Alami Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata
Tips Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata –
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Top