Cara Membuat Taplak Meja Makan Dan Cara Mengukurnya

Taplak meja makan berfungsi sebagai penutup meja makan, sekaligus sebagai penghias meja di ruang makan agar tampak lebih indah, menarik, dan dapat pula sebagai pembangkit selera makan. Taplak meja makan dapat dibuat berbagai bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan bentuk dan ukuran mejanya. ukuran dari taplak meja di tentukan dengan besarnya meja makan.

Menentukan ukuran ideal dari sebuah taplak adalah proses yang cepat dan sederhana. Panduan yang diberikan di bawah ini akan membantu Anda menentukan seberapa rendah perpanjangan taplak Anda sebaiknya. Bahkan jika bentuk meja Anda tidak biasa, Anda bisa mengukurnya sebagai persegi panjang atau lingkaran, bergantung pada perbedaan panjang dan lebarnya.

Cara Membuat Taplak Meja Makan Dan Cara Mengukurnya

Cara Mengukur Taplak Meja Makan

Mengukur Meja Berbentuk Persegi, Persegi Panjang, atau Oval. Perbesar atau perkecil ukuran meja sesuai dengan waktu penggunaan taplak. Jika meja Anda memiliki bagian yang dapat dilepas untuk mengubah ukurannya, tentukan ukuran mana yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda ingin membuat taplak yang dapat digunakan sehari-hari, gunakanlah ukuran meja seperti yang biasa Anda gunakan. Jika Anda ingin membuat taplak meja resmi untuk menjamu tamu, Anda mungkin perlu mengukur sesuai ukuran maksimum meja Anda.

Jika Anda ingin taplak yang cocok digunakan untuk semua ukuran meja Anda, ukurlah ukuran maksimum meja, dan pilih taplak yang menggantung tidak lebih 15 cm dari tepinya. Berhati-hatilah karena taplak ini mungkin tampak tidak rata ukurannya saat digunakan pada meja yang berukuran lebih kecil.

Ukur panjang meja. Gunakan pita ukur untuk mengukur bagian paling panjang meja, atau di sisi mana saja pada meja berbentuk persegi. Ukurlah secara langsung di tengah meja, bukan di tepinya, khususnya jika meja Anda berbentuk oval. Catat ukuran meja Anda agar tidak melupakannya.

Ukur lebar meja Anda. Ukur sisi lainnya, secara tegak lurus dengan pengukuran sebelumnya. Lakukanlah pengukuran ini bahkan jika meja Anda berbentuk persegi; karena terkadang mungkin sulit membedakan meja berbentuk persegi dan persegi panjang.

entukan seberapa rendah Anda ingin taplak Anda menggantung. Panjang taplak yang menggantung di bawah meja disebut dengan “drop length”. Sebagian besar taplak meja makan memiliki “drop length” antara 15 – 30 cm, tidak lebih rendah dari kursi makan. Taplak meja makan yang lebih resmi mungkin menggantung hingga ke lantai, sama halnya juga pada taplak yang dimaksudkan untuk menutupi kaki orang yang sedang makan. Untuk membantu Anda menentukan “drop length” yang Anda inginkan, peganglah kain atau kertas menggantung di tepi meja. Letakkan kursi dan furnitur lain yang akan Anda letakkan saat menggunakan taplak ini.

Hitung panjang dan lebar taplak Anda. Kalikan “drop length” yang Anda inginkan dengan 2, karena bagian ini akan menggantung di kedua sisi meja. Tambahkan nilai yang Anda peroleh ke dalam panjang dan lebar meja untuk memperoleh lebar taplak ideal Anda. Jika meja Anda berbentuk oval, Anda bisa membeli taplak berbentuk oval atau persegi panjang dengan ukuran ini.

Belilah taplak dengan ukuran yang lebih besar jika Anda tidak dapat menemukan ukuran yang tepat. Jika Anda tidak bisa memperoleh taplak yang tepat cocok dengan ukuran meja Anda, dan Anda tidak ingin membeli atau membuat taplak dengan ukuran tersebut, belilah taplak yang sedikit lebih besar dari ukuran meja Anda. Taplak yang lebih besar akan menggantung lebih rendah, sementara taplak yang lebih kecil mungkin tidak akan dapat menutupi seluruh permukaan meja. Sama seperti kain lainnya, taplak juga bisa mengerut saat dicuci, dan mungkin ukurannya berkurang hingga 10 cm seirig waktu.

Cara Membuat Taplak Meja Makan

Alat yang digunakan
  1. mesin jahit
  2. pita ukur
  3. gunting
  4. jarum tangan
  5. jarum mesin
  6. jarum pentul
  7. kapur jahit
  8. hak pen no. 1 an 2, 3 dan 4
  9. pensil
  10. penggaris 50cm
  11. bidal
  12. setrika
  13. meja setrika

Bahan yang digunakan

  1. belacu
  2. bisban
  3. biku-biku
  4. benang jahit
  5. benang jala/benang rami

Cara membuat siapkan alat dan bahan

  1. buatlah desain sesuai keinginan
  2. membuat pola
  3. memotong kain
  4. luruskan serat, lalu diukur panjang yang diinginkan, dilipat menyerong 45 derajat
  5. gunting sesuai ukuran ditambah kampuh masing-masing 2cm
  6. selesaikan sekeliling tepi taplak meja dengan setikan mesin jahit, lebar kelim 1cm
  7. hias tepi kampuh taplak meja dengan benang rami dengan menggunakan hak pen untuk mencungkil benangnya.
  8. beri hiasan taplak dengan melekatkan bisban dan biku-biku
  9. setelah selesai semua, setrikalah taplak tersebut

 

Tags: #Cara #Dan #Meja Makan #Membuat #Mengukurnya #Taplak

5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah Berjerawat
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah Berjerawat
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah
Cara Alami Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata
Cara Alami Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata
Tips Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata –
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
Khasiat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
Khasiat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit dan

Top