Membuat Alat Penghemat Listrik Di Rumah

In Teknologi, Uncategorized

Selama beberapa tahun belakangan ini muncul alat penghemat listrik PLN yang mampu menurunkan pemakaian listrik hingga 30%. Apakah anda penasaran dengan rangkaian apa sebenarnya alat ini bekerja dan apakah benar bahwa alat ini menghemat listrik hingga sekian persen?

Biasanya alat ini menggunakan sebuah kotak boxplastik berukuran sedang yang dilengkapi dengan saklar dan sebuah steker yang harus dihubungkan ke jala- jala PLN supaya rangkaian tersebut bekerja. Di pasaran banyak dijual alat penghemat yang bisa membuat pemakaian listrik irit. Membuat sendiri? Tentu saja bisa. Anda cukup memahami dulu cara kerja alat penghemat listrik PLN tersebut sebelum memulainya.

Membuat Alat Penghemat Listrik Di Rumah

Membuat sendiri alat penghemat listrik

Lalu bagaimana cara membuatnya?? Buat seperti skema berikut ini:

skema alat penghemat listrik

Buat rangkaian di atas pada box plastik yang kuat dan pada. lebih baik dicor dengan gip’s atau semen agar daya panasnya terbuang dengan baik. Selanjutnya hati-hati jangan ada kabel listrik yang kena terhadap kaleng tersebut atau anda akan tersengat listrik. lalu hanya kabel ground atau masa (jika ada) yang di hubungkan dengan kaleng. semakin dekat letak pemasangan alat dengan kilometer maka semakin optimal kinerjanya. kemudian gunakan kapasitor dengan kualitas yang bagus, yang lebih mahal lebih baik (harganya sekitar 30 ribuan). untuk SW adalah MCB yang berfungsi sebagai pengaman jika terjadi korsleting akibat kapasitor.

Rangkaian diatas sangat mudah dibuat dan dapat pula digolongkan menjadi salah satu teknologi tepat guna. jadi tidak ada alasan untuk tidak membuatnya. sekalian belajar.. dan… buktikan sendiri khasiatnya, dengan pemakaain daya rutin yang relatif sama. anda bisa merasakan penghematan sekitar 25%.

Alat / komponen yang di perlukan adalah Sebuah Box powersupply ukuuran sedang yg terbuat dari bahan plastik, 1 buah kabel power cpu, Lampu setrika, Holder Fuse/sekring bersama fuse 4-5A dan 1 buah Capasitor tegangan tinggi ukuran 10Uf 450volt AC.
Anda bisa merangkainya seperti gambar skema diatas.

Cara Kerja Alat Penghemat Listrik

Lalu bagaimana cara kerja alat penghemat listrik ini sampai bisa ‘menghemat listrik’ ?? apa sebenarnya yang di ‘hemat’?? mungkin anda masih bingung tentang hal ini. intinya alat ini benar-benar bisa menghemat pemakaian listrik di rumah anda dari 10-25%. Cara kerja alat ini adalah hanya mengurangi besaran cosinus dari kurva arus AC yang akan terbaca pada alat ukur pengukur kilometer di rumah anda. Tahukan benda besar yang menempel di dinding luar rumah anda dan di atasnya seperti ada cakram yang berputar?? Nah, alat tersebut akan bekerja jika ada beban AC melintas melalui sensor berupa kumparan kawat untuk mengukur besarnya arus AC yang melewatinya. Atau teori ilmiahnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mereduksi sebesar mungkin puncak (peak dari besaran kurva AC (sinus-cosinus) agar terbaca sedemikian rendah.

Dalam dunia teknik elektro (karena saya adalah lulusan elektro), komponen yang berpengaruh terhadap arus AC adalah kondensator atau kapasitor dan lilitan atau induktor. yang dapat anda lakukan adalah mamfilter arus AC tersebut sebelum memasuki jaringan listrik di rumah anda. cara ini legal dan di perbolehkan oleh PLN sendiri karena kita sama sekali tidak akan mencuri sedikitpun listrik sebelum meteran penghitung arus yang menenpel di dinding luar rumah anda.

Rangkaian Penghemat Listrik akan bekerja secara optimal jika komponen yang digunakan terutama kapasitor dapat berfungsi secara efektif dan efisien. Kedua hal tersebut dapat dicapai denga menggunakan kapasitor yang memiliki spesifikasi tertentu sesuai besarnya paket atau pasokan listrik yang anda terima. Selain itu kapasitor juga bias di cor dalam pipa berisi semen agar daya panasnya dapa terbuang dengan baik dan benar. Membuat perangkat dengan rangkaian untuk menghemat listrik secara pribadi tentunya akan menciptakan spesifikasi yang sesuai dan kualitas yang bias jadi lebih baik dari pada produk yang dijual dipasaran secara bebas.

 

 

Tags: #Alat #Di #Listrik #Membuat #Penghemat #Rumah

5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah Berjerawat
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah Berjerawat
5 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Wajah
Cara Alami Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata
Cara Alami Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata
Tips Menebalkan Sekaligus Memanjangkan Bulu Mata –
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
Khasiat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit dan Wajah
Khasiat Putih Telur Untuk Kecantikan Kulit dan

Top