Cara Menggunakan Google Street View Serta Mengaksesnya

Aplikasi Google street view yaitu sebuah fitur google maps yang mulai diperkenalkan pada tahun 2007. Aplikasi Google View Street ini menyediakan gambaran pemandangan jalan 360 derajat dan memperbolehkan penggunanya untuk melihat bagian dari kota yang menjadi pilihan mereka serta wilayah metropolitan pada tingkat dasar dan sekitarnya.

Saat diluncurkan pada 25 Mei 2007 lalu hanya lima kota yang telah dimasukkan lalu berkembang hingga kurang lebih 40 kota AS, meliputi juga pinggiran kota dan kota terdekatnya. Saat dioperasikan Google Street View menampilkan foto yang sebelumnya diambil oleh kamera dari atas sebuah kendaraan. Dapat dijelajahi dengan menggunakan tombol panah pada keyboard atau mouse dengan cara menekan panah di layar. Dengan menggunakan cara ini foto dapat terlihat dalam berbagai ukuran dari arah mana saja. Garis yang ditampilkan pada sepanjang jalan menandai arah yang diikuti jalan tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi Google Street View menjelajahi bangunan yang terkenal di dunia, melihat keajaiban alam dan memasuki tempat tempat seperti restoran, museum, arena atau bisnis kecil. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Street viev ini di Google Maps dan galeri street view.

Di negara Indonesia sendiri aplikasi google street view sudah ada dan dapat diakses melalui google maps. Cara menggunakan google street view yang sudah memiliki rekaman foto- foto untuk sejumlah area pada empat kota di Indonesia. Sejumlah jalanan di Jabodetabek, Bogor, Bali, dan Surabaya kini dapat dijelajahi secara virtual dengan layanan Google ini.

Untuk dapat mengakses layanan google street view ini dari PC Desktop atau laptop anda dapat anda lakukan dengan membuka alamat http://maps.google.com dengan melalui Chrome, Firefox, atau dengan Brower yang lainnya.Ketiklah nama lokasi atau kota yang ingin anda kunjungi.

cara-menggunakan-google-street-view-serta-mengaksesnya

Cara Menggunakan Google Street View

Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan melihat pada sudut kanan bawah aplikasi yang telah selesai anda kunjungi tadi. Pada pilihan menu “Street View” yang menggunakan simbol figur manusia dengan warna kuning lalu “Drag” figur tadi dan lepaskan ke area yang ingin anda tuju.

Cara yang lain adalah dengan klik jalan yang anda maksud dan nama jalan tersebut akan muncul di pojok kiri atas halaman pada Google Maps serta menu Street View pada ssamping kanannya. Untuk dapat melihat area di sekitar jam tersebut. kemudian klik foto yang tertulis ikon “Street View”.

Cara Akses Google Street View

Selain dengan menggunakan browser pada PC atau laptop. Fitur yang bernama street view ini juga dapat diakses melalui perangkatĀ  mobile dengan sistem operasi iOS atau Android. Untuk dapat mengaksesnya, para pengguna android atau OS dapat membuka aplikasi Google Maps pada perangkat Android. Kemudian memilih suatu jalan pada peta tersebut.

Selanjutnya anam jalan yang anda maksud akan ditampilkan pada bagian bawah layar.Klik nama jalan yang anda maksud tersebut. Bila arena terekam oleh Street View akan muncul gambar yang bertuliskan “Street View” klik lah foto tersebut dan anda dapat mulai menjelajah jalan dan melihat area di sekitar anda.

Menjelajahi Google Street View

Cara menggunakan google street view:

  • Untuk dapat berkeliling anda dapat mengarahkan kursor ke arah yang anda tuju.Kursor tersebut akan menjadi tanda panah yang menunjuk arah yang ingin anda tuju.
  • Jika ingin melihat tempat yang dikunjungi selanjutnya carilah tanda X.Klik untuk menuju ke X
  • Untuk dapat melihat sekeliling, klik lah dan drag mouse anda. Anda dapt menggunakan panah samping kanan dan kiri kompas.
  • Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan scrol mouse atau gerakkan zoom.Gunakan dua jari dengan tauchpad.
  • Untuk menempatkan posisi Street View ke Utara, carilah dan klik kompas di sisi kanan bawah
  • Untuk melompat antara jalan, bukalah jendela kembali ke peta pada sisi kiri bawah. Klik rute yang disorot yang berwarna biru.

 

 

loading...