Cara Mengobati Ayam Ngorok Alami Paling Ampuh

Ayam ngorok adalah termasuk sebuah penyakit yang berbahaya dan memiliki sifat kronis. Penyakit ayam ngorok ini bisa menular pada ayam lain dengan cepat dan sehingga penyakit itu harus di obati secara cepat, tepat dan juga aman. Untuk ayam aduan yang terserang oleh penyakit ini memiliki tanda-tanda. Adapaun tandanya yaitu terdengar suara dan bunyi yang aneh (ngorok) pada saluran pernafasan. Bisa terlihat pada kondisi ayam akan terlihat pucat dan stamina ayam jadi menurun. Bila ayam bangkok mengalami seperti ini. Maka  ayam tersebut telah menunjukkan tanda mengalami gangguan organ pernafasan. Bahkan dapat menyebabkan rusaknya organ tersebut.

Sebagai pemelihara ayam bangkok hal ini tidak bisa di biarkan begitu saja. Karena bisa menyebabkan stamina ayam aduan akan makin menurun yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ayam bangkok itu sendiri. Sayang sekali jika ayam bangkok anda mengalami hal ini. Pergantian musim dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit ayam aduan di antaranya penyakit CRD tersebut.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan cara mengobati ayam ngorok. Nah, pada artikel di bawah ini akan kita bahas cara mengobati ayam ngorok secara alami dan paling ampuh.

Penyebab Ayam Ngorok

Ayam yang ngorok bisa di sebabkan oleh berbagai hal yang sangat berkaitan erat pada infeksi bakteri dan juga virus. Kondisi lingkungan tempat ayam dan kelembaban udaranya. Adapun penyebab yang menjadikan ayam ngorok adalah amoniak dan kelembapan, berikut adalah pembahasan lengkapnya.

cara-mengobati-ayam-ngorok-alami-paling-ampuh

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Ngorok

Penyebab ayam Ngorok adalah:

1. Amoniak.  Pada dasarnya, amoniak ini memiliki kadar yang dapat di tentukan dari wujud kotoran ayam itu sendiri. Kotoran ayam yang encer dan lembab akan berpotensi kepada kenaikan kadar amoniak tersebut.

Bila suatu saat amoniak akan di hirup oleh ayam yang menyebabkan iritasi di saluran pernafasan. Ini menyebabkan kerusakan pada sel di permukaan saluran pernafasan sehingga mempermudah perkembangan penyakit yang terbawa oleh udara. Saluran pernafasan menjadi rusak dan bunyi ngorok pun terdengar.

2. Suhu dan Kelembapan. Ini adalah salah satu penyebab yang sering terjadi. Kelembapan dan Suhu udara yang kurang mendukung akan dapat menyebabkan gangguan fungsi sinus dan organ pernafasan. Suhu yang paling baik untuk ayam adalah antara 25-28ºC serta kelembapan udara 60-70%.

3. Infeksi Penyakit. Adapun penyakit yang dapat menyebabkan ayam ngorok terbagi menjadi beberapa jenis, dan semua jenis penyakit ayam ngorok ini memiliki perbedaan pada  penyembuhannya.

Mengobati Ayam Ngorok Secara Alami

Menggunakan obat alami kecil kemungkinan ayam akan terkena efek samping. Tapi lain halnya bila menggunakan obat ilmiah, untuk caranya bisa dilihat disini.

Jeruk nipis dan kecap manis

Caranya jeruk nipis diperas airnya hingga 1 sendok teh, lalu ditambah kecap manis secukupnya kemudian langsung diminumkan ke ayam yang sedang sakit ngorok. Berikan obat ini pada di pagi hari dan diberikan lagi selama 2 sampai 3 hari dan sampai sembuh.

Memakai blimbing wuluh

Caranya ayam yang sedang terserang penyakit dikoroki dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Lalu ambil blimbing wuluh  1 buah kemudian sedikit di pencet dan diberikan kepada ayam. Berikan blimbing wuluh ini pada pagi hari dan diberikan lagi selama 2 sampai 3 hari ataupun sampai sembuh.

Menggunakan mengkudu atau pace matang

Caranya buah mengkudu yang telah disiapkan diiris ukuran jari lalu dilolohkan pada ayam yang sedang terjangkit penyakit ini. Pemberiannya dilakukan sehari sekali saja. Pada pagi atau sore hari, juga sebelum ayam diberikan makan.

Tags: #Alami #Ampuh #Ayam #Cara #Mengobati #Ngorok #Paling

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor Sederhana
Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor Sederhana
Bagi anda yang hobi memancing, tentu sudah
5 Cara Mengecat Body Motor Agar Makin Kinclong
5 Cara Mengecat Body Motor Agar Makin Kinclong
Motor dengan tampilan kinclong tentu menjadi dambaan
3 Cara Servis Motor Injeksi Agar Performa Tetap Prima
3 Cara Servis Motor Injeksi Agar Performa Tetap Prima
Sekarang ini, motor injeksi sangat banyak peminatnya.
3 Cara Mengkilapkan Body Motor Kusam Seperti Baru
3 Cara Mengkilapkan Body Motor Kusam Seperti Baru
Menjaga dan merawat body motor menjadi kebahagiaan

Top