Model Kerah Baju Wanita Modern Dan Macam- Macam Variasinya

Dalam Memilih pakaian yang kita inginkan mungkin memang mudah. Tapi bagaimana model kerah baju wanita yang ada dalam pakaian tersebut ?.  Apakah model baju berkerah cocok dengan bentuk wajah, leher, juga bentuk  tubuh anda?. Kali ini kami akan memberikan informasi memilih model kerah baju wanita yang pas untuk dipakai.

Kerah merupakan salah satu bagian busana yang memberi keindahan busana. Kerah menempel pada bagian lingkar leher, dan menjadi hiasan bagian leher baju. Kerah memberikan kenyamanan pada si pemakai seperti mempertimbangkan iklim suatu daerah.

Bentuk dan model kerah beragam. penerapan bentuk dan model kerah baju juga berbeda tergantung dari jenis busana,  model, dan kesempatan dalam pemakaian busana itu.

model-kerah-baju-wanita-modern-dan-macam-macam-variasinyamodel-kerah-baju-wanita-modern-dan-macam-macam-variasinya

Macam Model Kerah Baju Wanita

Bentuk dasar dan model kerah terdiri atas:

1.       Kerah Rebah (Flat Collar)

Posisinya merebah sekeliling badan serta bahu tanpa penegak. Ciri yang bisa dijadikan patokan untuk menentukan bentuk serta model kerah rebah yakni dari penegaknya. Jika di bagian belakang tak ada penegaknya berarti itu kerah rebah.

Variasi bentuk kerah rebah diantaranya adalah, cape, bib , kerah peterpan dan bertha. Variasi bentuk kerah rebah ini biasanya kita jumpai pada dress atau blouse.

2. Kerah Setengah Tegak (Roll Collar)

Model Kerah Setengah Tegak ataupun Setengah Berdiri atau juga Kerah Roll (Roll Collar), yaitu kerah yang mempunyai penegak bagian belakang jadi bentuknya tegak di belakang serta merebah di muka. cirinya bagian belakang tampak lebih tinggi karena ada penegak.

Model variasi dari bentuk kerah setengah tegak yakni eton, notched, kerah lapel dan kelasi. Variasi dari bentuk kerah semacam ini biasanya dapat kita temukan di blazer atau jaket.

3.Variasi Kerah Tegak (Stand Collar)

Kerah Tegak ataupun Berdiri (Stand Collar) yakni kerah yang letaknya tegak pada sekeliling leher hampir menutupi setengah panjang leher. Bila dilihat dibagian belakang terlihat tegak dan tinggi.

Variasi dari bentuk kerah berdiri yaitu kerah model chinese serta turtleneck. Variasi bentuk kerah ini dapat kita jumpai di pakaian model cheongsam ataupun sweater.

contoh-variasi-kerah

Contoh Variasi Kerah

Baju Dengan Kerah V-neck

Jenis Baju dengan kerah V-neck selain memberi kesan lebih tinggi bagi anda yang suka pakai. kerah jenis ini dapat menyamarkan lebar bahu anda dan juga membuat panjang leher anda terlihat lebih tinggi. Selain menambah tinggi badan anda leher anda juga ikut tinggi.

Variasi Kerah O-neck

Kerah O-neck kelebihannya selain memberi kesan tambah tinggi badan dan leher dapat juga membuat dada anda terlihat lebih besar.

Kerah Boat neck

Sekarang kalau misalnya  anda punya garis belah di dagu, baiknya model kerah baju yang anda pilih yaitu yang berjenis Boat neck .

Model Kerah Scoop neck

Scoop neck atau bentuk U gunanya untuk menyamarkan wajah jika wajah anda lebar. Tapi jika anda memiliki lebar wajah yang tak terlalu lebar baiknya jangan menggunakan model yang  seperti ini.

Tips Memilih Busana Berkerah

Inilah beberapa tips and trick dalam memilih busana berkerah yang akan anda pakai.

    • Jika bentuk leher anda tinggi baiknya gunakan kerah tinggi ataupun menutupi sebagian leher seperti kerah mandarin, kerah kemeja dan lainnya.
    • Sebaliknya leher yang pendek dan rendah, pilihlah kerah yang agak rebah seperti kerah rebah, cape, ½ berdiri, atau palerin.

Wanita yang gemuk

    jangan memakai kerah yang ketat atau tertutup sampai ke leher. Itu membuat mereka terlihat sesak. Kerahnya dapat menggunakan model  V neck ataupun model U atau kerah terbuka yang lain.
loading...