Pengertian Listrik Statis Lengkap Dengan Contohnya

Penjelasan mengenai pengertian listrik statis dan contohnya bisa kamu baca di artikel ini. Listrik statis, mungkin kita sudah  sering mendengar istilah tersebut baik di sekolah ataupun di lingkungan sekitar. Mungkin juga hanya sebagian orang yang tahu apa yang dimaksud listrik statis. Tujuan artikel ditulis agar memberikan pemahaman atau penjelasan untuk kamu yang belum tahu tentang listrik statis.

Pengertian listrik statis Dan Penjelasannya

Listrik statis adalah suatu kumpulan muatan listrik di dalam jumlah tertentu yang tak mengalir atau tetap. Tetapi jika terjadi pengosongan muatan maka akan memakan waktu yang singkat. Atau definisi listrik statis yang lain adalah suatu fenomena kelistrikan dimana muatan listrik tidak bergerak dan biasanya ada pada benda yang bermuatan listrik.

Dapat dikatakan listrik statis timbul karena adanya fenomena dimana benda yang memiliki aliran listrik saling berpaut tanpa adanya sumber daya listrik. Dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton ataupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. Listrik statis bisa ditimbulkan dua benda yang memiliki muatan listrik yang berbeda.


Muatan Listrik

Apa proton dan elektron itu?. Muatan listrik ada 2 macam yakni muatan positif  atau proton dan muatan negatif atau elektron. Benda yang mempunyai muatan positif dan negatifnya sama disebut benda netral. Ada juga benda yang mempunyai muatan positif dan muatan negatif. Benda disebut bermuatan positif bila benda tersebut memiliki jumlah proton lebih banyak dibanding jumlah elektron. Kemudian benda disebut bermuatan negatif bila benda tersebut mempunyai jumlah elektron lebih banyak daripada jumlah proton.

Timbulnya Listrik Statis

Contoh peristiwa timbulnya listrik statis adalah penggaris plastik yang digosokan pada rambut kering. Kemudian di dekatkan pada kertas yang telah dirobek kecil-kecil. Kertas tersebut akan tertarik oleh penggaris jadi seolah-olah penggaris adalah magnet yang dapat menarik benda. Padahal itu adalah adanya listrik statis. Karena serpihan kertas yang asalnya bermuatan netral akan terinduksi karena tertarik muatan negatif yang ada pada penggaris.

Bagaimana bila dua benda yang bermuatan didekatkan?. Akan timbul 2 kemungkinan, benda akan tolak menolak bila memiliki muatan yang sama dan benda tarik menarik jika mempunyai muatan yang berbeda.

Contoh peristiwa listrik statis

Beberapa contoh lain dari listrik statis yang bisa ditemui dalam rutinitas sehari-hari, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Saat kita menyisir rambut tanpa kita sadari terkadang rambut kita terbawa berdiri sendiri seiring dengan gerakan sisir. Ini dapat terjadi karena adanya interaksi muatan antara sisir dan rambut kita.
  • Kain sutra yang digosok pada batang kaca. Dalam peristiwa ini benda tersebut akan saling tarik-menarik. Kenapa bisa seperti itu? sesudah keduanya saling digosokan akan terjadi loncatan elektron dari batang kaca kepada kain sutera. Sehingga mengakibatkan batang kaca bermuatan positif dan kain sutera bermuatan negatif. Ini hampir sama seperti pada penggaris yang digosokkan pada rambut.
  • Penggaris plastik yang digosokkan pada kain woll. Kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tapi ketika keduanya digosok-gosokan maka terjadi loncatan elektron yang berasal dari kain woll ke penggaris plastik .Penggaris plastik jadi bermuatan negatif dan kain woll menjadi bermuatan positif.
  • Contoh yang selanjutnya, Saat mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Pada peristiwa ini bila di perhatikan bulu-bulu atau rambut yang ada di tangan akan berdiri, hal seperti itu diakibatkan adanya listrik statis.
loading...