Cara Menjernihkan Air Sumur Yang Alami Dan Aman

Seperti kita ketahui bersama, air merupakan kebutuhan vital bagi manusia. Bagi masyarakat kota besar, kebutuhan air minum bersih sudah terpenuhi dengan adanya air dari perusahaan air minum. Tapi bagi masyaratakat di pedesaan, air minum yang biasa dikonsumsi biasanya berasal dari air sumur direbus. Air sumur ini biasanya rentan masalah. Misalnya air sumur berwarna kekuningan atau keruh. Air sumur kuning dan keruh tentu tidak layak dikonsumsi. Bila digunakan untuk mencuci pakaian beresiko membuat baju putih jadi kekuningan. Ada baiknya Anda tahu cara menjernihkan air sumur yang kuning juga keruh agar memperoleh solusinya.

Pada artikel cara menjernihkan air sumur ini, biasanya air sumur menjari berwarna kuning dan tak jernih karena disebabkan beberapa hal. Misalnya, sumur lama tidak dikuras jadi banyak ditumbuhi lumut. Sumur tercemar limbah, baik limbah rumah makan atau limbah yang lain.

CARA MENJERNIHKAN AIR SUMUR ALAMI

Menggunakan Ijuk

Ijuk yang digunakan membersihkan air sumur yang kotor juga keruh sama dengan ijuk untuk membuat sapu. Tapi ijuk yang digunakan membersihkan air yang kotor sudah dibuat dengan bentuk lingkaran dengan diameter 1 meter. Untuk dapat menyaring air sumur hingga jernih, dibutuhkan 5 rangkaian ijuk.

Untuk menjernihkan air sumur dan membuat saringan air menggunakan ijuk yaitu tumpuk lima rangkaian ijuk, lalu ikat dengan kencang dan beri pemberat. Masukan ijuk dalam sumur, pastikan ijuk tenggelam sampai ke dasar sumur. Anda bisa menggunakan bilah bambu panjang untuk mendorong ijuk supaya cepat tenggelam. Bila perlu tindih dengan batu guna memastikan ijuk tak mengapung kembali. Tunggu beberapa hari sampai air sumur menjadi bersih dan jernih.

Cara Menjernihkan Air Sumur Dengan Tawas

Tawas atau terawas, berbentuk seperti bebatuan kecil putih, hampir mirip bongkahan gula batu tapi warnanya putih. Tawas bisa dibeli di toko bangunan. Cara menjernihkan air yang kotor menggunakan terawas adalah dengan menghancurkan tawas jadi bubuk lebih dahulu. Bila sudah, masukan tawas dalam wadah dan larutkan dengan air. Setelah itu dimasukan ke dalam sumur.

Sebaiknya dilarutkan lebih dahulu agar saat dimasukan dalam sumur, bubuk tawas tak beterbangan. Sesuaikan jumlah tawas dan kedalaman sumur. Cobalah untuk membeli 1 kg dahulu, bila belum jernih bisa tambah 1 kg atau 1/2 kg lagi.

Cara kerja tawas dengan menyerap kotoran yang ada disekitarnya, kemudian diendapkan ke dasar sumur. Dengan begitu air dalam sumur dapat menjadi jernih kembali. Waktu terbaik menggunakan tawas saat sore menjelang malam, dimana aktivitas mengambil air sudah tidak dilakukan. Dengan begitu, tawas bekerja efektif saat malam hari, keesokan harinya air dalam sumur sudah menjadi jernih.

Tips mencegah air sumur menjadi kotor

Beberapa kriteria sumur yang baik sebagai berikut :

Sumur dibuat dengan kedalaman lebih dari 10 meter.
Pastikan jarak minimal sumur dan MCK adalah 10 meter. Ini untuk mencegah limbah kamar mandi meresap juga merembes sehingga mencemari air didalam sumur.

Hindari memilih lokasi penggalian sumur dibekas lahan pembuangan sampah. Tanah tempat pembuangan sampah meski sudah dibersihkan tetap saja akan meninggalkan banyak kuman, bakteri, juga kotoran yang berbahaya bagi kesehatan.

Bila memungkinkan, cari lokasi bagian bawah tanah memiliki tekstur tanah yang bercampur pasir. Ini akan membuat sumur Anda lebih terjaga kejernihannya. Hindari membuat sumur pada bekas rawa. Lebih baik cari tempat galian sumur di lahan bekas ditanami tanaman berakar serabut karena pada jenis tanaman ini banyak menyimpan kandungan air.

loading...