Tahap Pada Teknik Penjernihan Air Di Aquarium Tanpa Filter Kimia

Banyak orang beranggapan air dalam aquarium tidak bisa jernih karena sumber air buruk, kaca aquarium tidak bersih, ada juga yang beranggapan ketika menguras air kurang bersih. Padahal anggapan tersebut belum benar. Sebenarnya air kurang jernih pengaruhnya adalah bakteri. Sehingga teknik penjernihan air di dalam aquarium perlu dilakukan.

Dalam aquarium, material yang di masukkan ke dalamnya  mengadung berbagai macam kandungan. Kandungan itu sebagian ada yang berbahaya dan ada yang tak berbahaya. Selain memiliki kandungan berbahaya,  juga membuat efek air aquarium tidak bening. Biasanya bakteri ini membuat air kusam keputihan.

Masa Kritis Aquarium

Sebuah aquarium pasti melewati masa kritis. Satu bulan pertama masa yang paling kritis. Karena ekosistem dalam aquarium belum sepenuhnya terbentuk serta masih dalam tahap saling beradaptasi. Pada masa satu bulan ini ikan akan mudah sekali mati dan aquarium mudah berlumut. Kadar air juga ph-nya belum stabil.

Kondisi air aquarium akan terlihat tak bening. Hal ini menunjukan pentingnya koloni bakteri yang menguntungkan tersebut pada aquarium. Namun air yang bening masih dapat mengandung kandungan berbahaya. Karena kandungan berbahaya juga bisa bercampur dengan sempurna tanpa indikasi apapun pada air seperti cairan kimia berbahaya.

Langkah Dalam Teknik Penjernihan Air Di Aquarium Tanpa Filter Kimia

Di hari pertama semua berjalan lancar2 saja, begitupun hari ke 2, namun dihari ke 3 air dalam tank akuarium sudah keruh, padahal pompa hidup 24 jam non stop. Apalagi dihari yang ke 4, air dalam tank sangat keruh meski kapas filter bawaan yang satu lapis tetap diganti saat kotor.

Karena tak mau mengganti air dalam waktu singkat dan juga air yang keruh sangat mengganggu keindahan akuarium.Akhirnya saya menemukan cara dengan beberapa percobaan/eksperimen.

Jenis filter aquarium yang kita gunakan adalah filter atas atau top filter. Untuk memaksimalkan dalam penyaringan air, kita akan memodifikasi kotak filter karena box filter yang bawaan sepertinya kurang maksimal. Alat yang diperlukan adalah L bow dan filter booster.

Berikut penjelasannya

Usahakan pompa ataupun power head yang digunakan sesuai dengan besar dari akuarium dengan catatan air yang masuk ke saringan atas jangan terlalu kencang juga direkomendasikan sangat lambat. Ini agar air yang mengalir melalui filter bisa focus pada bagian tengah filter sehingga air yang naik pada filter atas tersaring dengan sempurna

Gunakan filter merek recent yang kemasan plastiknya berwarna kuning atau yang setara dengan seharga Rp.5000 minimal 3 lapis untuk digunakan menyaring kotoran yang halus. Atau dapat juga merek hitec juga bagus, harganyarelatif  sama. Kita dapat menyiasatinya dengan memotong kapas filter sesuai dengan lebar dari kotak filter kita, jadi 1 filter dapat di buat jadi 3 lapis.

Gunakan filter recent yang merah harga Rp.3000 sekitar 3 lapis untuk menyaring kotoran yang berbentuk kasar. Filter yang tipis ini diletakkan paling atas. Tepat diatas filter dengan harga 5000 tadi.

Hasil dari eksperimen Teknik Penjernihan Air Di Aquarium Tanpa Filter Kimia ini adalah:

Air akan jernih selamanya syaratnya kapas filter harus diganti bila sudah kotor. Untuk kesehatan ikan, tetap disarankan untuk tetap mengganti air akuarium setiap 1 minggu sekali ataupun paling lama 2 minggu sekali. Tetapi itu tergantung tingkat kepadatan ikannya juga.

Teknik penjernihan air di aquarium ini kalau diakuarium saya, saya ganti airnya setiap 1 bulan sekali sekitar 70 %
Catatan yang perlu diperhatikan dalam teknik penjernihan air di aquarium tanpa filter kimia 

Ø  Pompa harus hidup selama 24 jam Non stop
Ø  Penggunaan kapas filter pertama kali tak akan langsung jernih. Filter lebih efektif setelah di bersihkan
Ø  Semakin tinggi filter booster serta semakin tebal kapas filter yang ditumpukkan penyaringan akan semakin bagus.

loading...