Tips Jitu Membuat Kolam Ikan Minimalis Di Lahan Sempit

Siapa bilang rumah mungil tak bisa memiliki kolam ikan sendiri? Cobalah tips membuat kolam ikan minimalis di lahan sempit
yang indah berikut ini. Memelihara ikan di rumah sangat menyenangkan. Selain mempercantik suasana rumah, adanya ikan juga akan menyegarkan pikiran yang sudah digunakan seharian.

Kebanyakan orang, memelihara ikan di akuarium dapat menjadi alternatif bagi lahan rumah yang sempit. Akuarium dirasa cukup untuk memberikan suasana lain dalam rumah. Nah, untuk yang ingin tampil berbeda dapat membuat kolam ikan sendiri. Tapi apa mungkin membuat kolam ikan minimalis di lahan sempit ini?

Jika hunian mengusung tema back to nature, penambahan kolam akan sangat pas dengan tema tersebut. Apalagi bila Anda dan keluarga penggemar ikan. Selain membuat rumah lebih sejuk, kolam ikan juga mempunyai sisi artistik tersendiri.

Inilah 5 Tips Jitu Membuat Kolam Ikan Sendiri di Lahan Sempit

Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan Dahulu

Setelah kita tentukan konsep ataupun bentuk dari kolam ikan yang hendak anda buat. Kita perlu siapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang dibutuhkan diantaranya cangkul dan sekop untuk menggali tanah. Pita ukur, waterpass dan lainnya yang sekiranya akan diperlukan. Selan itu untuk bahan-bahannya cukup anda sediakan bahan bangunan yang umum untuk digunakan seperti batu bata, kapur, batu, semen, pasir, cat dan lain sebagainya.

Tentukanlah Ukuran Kolam Sesuai pada Luas Area Taman

Untuk ukuran kolam yang akan dibuat sendiri dapat bervariasi tergantung kegemaran juga luas area taman. Bentuknya bisa dibuat memanjang, berefek lengkung, bulat, oval, dll sesuai imajinasi Anda.

Dasar Kolam Yang Dibuat Sedikit Miring

Mengapa bagian dasar kolam dibuat sedikit miring? Ini bertujuan untuk memudahkan aliran air saat proses pengurasan ataupun pergantian airnya. Selain itu, pada dasar kolam yang miring akan memudahkan anda saat pembersihannya karena kotoran akan berkumpul di titik terendah dari kolam tersebut.

Usahakan Anda Membuat Dasar Kolam Sehalus Mungkin

Hal ini patut anda perhatikan karena dikhawatirkan akan dapat melukai si ikan karena pergerakannya dalam air. Selain itu, yang memberi efek negatif dari dasar kolam kasar akan dapat melukai Anda ketika membersihkan kolam tersebut.

Pilih Warna Cat yang Cocok

Warna yang cocok bagi kolam ikan ialah warna putih. Ini dimaksudkan supaya warna ikan semakin menonjol dan menarik untuk dilihat. Namun bila Anda memilih keramik untuk melapisi tembok kolam ini, untukteknik pengecatan ini tak perlu lagi dilakukan.

Tambahan

Sebagaimana umumnya pada kolam ikan, kebersihan air tetap harus dijaga agar ikan hidup dengan sehat di dalamnya. Untuk dapat menjaga kejernihan air kolam, Anda dapat melakukannya dengan teknik filterisasi. Sisa air kolam akan dialirkan ke dalam suatu bak untuk dijernihkan kembali. Kemudian mengalirkannya lagi menuju kolam ikan. Selain memakai teknik ini, Anda bisa menanam tumbuhan air menjadi filterisasi alami. Dengan teknik ini kualitas air kolam dapat terus terjaga.

Jangan lupa menambahkan bebatuan alam pada dasar kolam ikan. Selain berfungsi untuk pemanis kolam, penggunaan batu alam seperti zeolite juga andesit juga berfungsi menyerap amonia dan nitrit yang ada dalam air kolam. Kedua zat ini berasal dari sissa kotoran ikan dan akan jadi racun apabila jumlahnya melampaui batas.

Cukup mudah bukan tips jitu membuat kolam ikan minimalis di lahan sempit yang kami sajikan tadi. Selamat mencoba ya.

Tags: #Kolam Ikan #Kolam Ikan Minimalis Di Lahan Sempit #Lahan Sempit #Minimalis

author
Author: 
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah
    7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara
    7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara
    Indonesia kaya akan sumber daya alam yang
    Kolam Ikan Minimalis Batu Alam Fungsi dan Cara Membuatnya
    Kolam Ikan Minimalis Batu Alam Fungsi dan Cara Membuatnya
    Cara membuat kolam ikan minimalis batu alam
    Ikan Seluang Prospek Bisnis Budidaya Yang Menguntungkan
    Ikan Seluang Prospek Bisnis Budidaya Yang Menguntungkan
    Ikan seluang termasuk di antara bagian ikan

    Top