6 Makanan Ikan Laga Kualitas Terbaik Mudah Ditemukan

Memberikan makanan yang baik tentu saja akan mempercepat proses pertumbuhan ikan cupang. Dengan pakan ikan terbaik, ikan laga tersebut akan selalu sehat. Makanan ikan laga itu sendiri terdapat dalam beragam jenis. Hal ini dikarenakan ikan cupang termasuk ikan yang mudah beradaptasi. Tak heran jika makanannya mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah. Untuk makanan ikan cupang kecil (burayak) tentu berbeda dengan makanan untuk ikan cupang dewasa.

Makanan ikan cupang yang baik tentu mengandung banyak gizi yang sangat dibutuhkan oleh ikan cupang. Untuk anda yang tengah memelihara ikan cupang, penting untuk memperhatikan asupan gizi pada makanannya tersebut. Ikan cupang membutuhkan gizi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Dengan memberikan pakan ikan yang berkualitas tersebut, ikan cupang juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Nah, berikut ini kami bagikan makanan ikan laga yang baik untuk ikan cupang burayak maupun dewasa.

Makanan Ikan Laga

Makanan ikan laga yang baik diantaranya yaitu jentik nyamuk, kutu air, cacing darah, cacing sutra, kuning telur, dan microworms. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Jentik Nyamuk (Cuk)

Makanan ikan ini mengandung banyak protein yang baik untuk ikan cupang. Berikan jentik yang berupa larva. Jangan berikan jentik yang sudah berubah menjadi kepompong karena akan menyebabkan perut buncit dan akhirnya mati. Tips memilih jentik nyamuk. Masukkan jentik nyamuk ke air es yang secara otomatis akan membuatnya teler. Jentik nyamuk akan mengendap ke dasar, sementara non-jentik nyamuk akan mengambang. Pakan jentik nyamuk dapat diambil dengan saringan halus. Lalu masukkan ke dalam air yang telah ditetesi PK, dosis 1/2 tetes untuk ember ukuran 15 liter. Hal ini untuk membangunkan jentik nyamuk. Setelah itu, cuci dengan air bersih. Siap disajikan.

2. Kutu Air (Water Flea)

Kutu air adalah makanan yang paling baik diberikan kepada anakan cupang yang telah menetas setelah kurang lebih 4 hari. Ikan cupang dewasa pun juga menyukai kutu air. Kutu air ini memiliki banyak protein. Contoh kutu air adalah moina dan juga daphnia.

3. Cacing Darah (Bloodworm)

Cacing darah sebenarnya termasuk ke dalam larva jenis nyamuk Chironomus sp. Pakan ini biasanya dijual dalam bentuk beku. Meski proteinnya tinggi, tapi beberapa ikan cupang seringkali tidak tertarik untuk memakannya, karena sudah mati.

4. Cacing Sutra (Res Water Worms)

Cacing ini begitu mudah ditemukan. Selain memiliki tekstur yang halus, harganya pun juga terbilang murah. Jumlahnya biasa menurun saat musim hujan. Pakan ikan cupang ini sangatlah bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang. Bahkan pakan ini juga dapat membentuk ikan cupang ke dalam bentuk yang sempurna. Tipe makanan ini adalah tipe pakan alami selain jentik nyamuk.

5. Yolk (Kuning Telur)

Masih tetap pada pakan yang ditujukan pada anakan ikan cupang. Kuning telur tersebut diberikan ke anak cupang yang sudah berumur kurang lebih 4 hari setelah terjadi proses penetasan sebagai makanan pengganti apabila sulit mendapatkan kutu air.

6. Microworms

Microworms merupakan cacing yang sangat halus, dan juga berwarna putih atau krem. Cocok untuk ikan cupang anakan atau dewasa. Pakan ikan cupang yang satu ini termasuk mudah dalam membudidayakannya. Microworms ini adalah makanan alami termurah yang dapat kita kultur sendiri dengan mudah. Selain dapat meningkatkan kesehatan ikan cupang, microworm ini juga mampu meningkatkan tingkat pertumbuhan burayak, dan meningkatkan kecerahan warna.

loading...