Cara Budidaya Ikan Laga Betina Mudah Untuk Pemula

In Ikan

Pada dasarnya, ikan cupang mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang ini tidak memerlukan tempat luas dan juga modal yang besar. Budidaya ikan laga betina bisa dilakukan sebagai usaha rumahan. Ikan cupang (Betta sp.) merupakan ikan air tawar dari daerah tropis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Di alam bebas, ikan cupang ini hidup berkelompok. Habitat ikan cupang ini berada di rawa-rawa, danau, dan juga sungai yang arusnya tenang.

Salah satu keistimewahan ikan laga betina adalah daya tahannya. Ikan ini sanggup hidup dalam lingkungan air yang minim oksigen. Bahkan ikan cupang bisa dipelihara dalam toples yang kecil tanpa menggunakan aerator. Kemampuan ini didapat karena ikan cupang ini memiliki rongga labirin seperti halnya pada paru-paru manusia. Labirin ini bisa membuat ikan cupang bertahan pada lingkungan yang minim oksigen. Banyak masyarakat yang membudidayakan ikan cupang dengan alasan mudah dalam pemeliharaannya tersebut.

Budidaya Ikan Laga Betina

Budidaya ikan cupang dimulai dari memilih indukan, pemijahan, pakan, hingga perawatan ikan cupang. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami bagikan cara budidaya ikan cupang mudah untuk pemula. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Memilih Indukan Ikan Cupang

Langkah pertama dalam budidaya ikan cupang yaitu mendapatkan indukan atau bibit berkualitas. Indukan yang baik berasal dari keturunan unggul, bebas penyakit maupun cacat bawaan, serta kondisinya bugar. Ciri-ciri indukan cupang betina yang telah menunjukkan siap kawin yaitu berumur setidaknya 3-4 bulan. Siripnya pendek dengan warna yang kusam tidak menarik. Bentuk badan membulat, bagian perutnya sedikit buncit. Gerakannya pun lambat.

2. Pemijahan Ikan Cupang

Sediakan tempat berupa wadah (baskom plastik atau juga bisa menggunakan akuarium kecil). Wadah tersebut berukuran 20x20x20 cm. Siapkan pula gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina. Lalu sediakan juga tumbuhan air seperti kayambang. Indukan betina hanya dikawinkan satu kali saja. Langkah-langkah pemijahan ikan cupang sebagai berikut.

  • Isilah tempat pemijahan dengan air bersih setinggi 10 hingga 15 cm.
  • Tambahkan tanaman air kedalam wadah tersebut sebagai tempat burayak berlindung.
  • Masukkan ikan laga jantan yang telah siap kawin.
  • Setelah indukan ikan cupang jantan membuat gelembung, masukkan indukan ikan cupang betina.
  • Setelah terjadi proses pembuahan, angkat segera indukan betina tersebut.
  • Kurang lebih satu hari, telur-telur ikan cupang tersebut akan menjadi burayak.
  • Setelah 3 hari terhitung sejak telur tersebut menetas, berikan kutu air.
  • Indukan jantan baru diambil setelah umur burayak 2 minggu terhitung sejak menetas.
  • Setelah 1,5 bulan, ikan cupang sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya.

3. Pakan Ikan Cupang

Pakan berkualitas yang biasa diberikan pada ikan cupang yaitu kutu air, cacing sutera, dan juga larva nyamuk. Makanan ikan laga ini diberikan sesering mungkin, misal 3-4 kali sehari. Kutu air dapat ditemukan di selokan yang tergenang. Anda juga bisa membelinya dari toko akuarium.

4. Perawatan Ikan Cupang

Dalam perawatan ikan cupang yang baik, disarankan untuk menjaga kualitas air dengan memberinya aerasi dan juga filter pembersih. Agar ikan cupang bisa berkembang sempurna dan selalu dalam kondisi sehat. Terlebih lagi, untuk perawatan ikan kontes. Khusus untuk ikan laga aduan, anda bisa memasukkannya ke dalam toples kaca yang berukuran kecil.

Agar ikan cupang lebih agresif, simpan di tempat yang gelap. Jangan meletakkan toples ikan cupang secara berdekatan. Karena ikan laga aduan akan selalu dalam kondisi siap menyerang sehingga akan membenturkan dirinya ke kaca. Berikan sekat yang tidak tembus pandang di antara toples-toples ikan tersebut. Gantilah air dalam wadah secara berkala.

Tags: #Betina #ikan #ikan betina #ikan laga #ikan laga betina #laga #laga betina

author
Author: 
    Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi
    Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi
    Munculnya hewan langka tentu saja sangat mencuri
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    Hiu Megalodon adalah spesies hiu raksasa paling
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Remora seringkali kita dengar bersamaan dengan ikan
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah

    Top