3 Cara Mengkilapkan Body Motor Kusam Seperti Baru

Menjaga dan merawat body motor menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sang pemilik motor tentunya. Cara mengkilapkan body motor juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh pengendara motor. Sebagai pengendara motor yang memperhatikan penampilan memang merasa kurang percaya diri apabila motor yang setiap hari kita kendarai terlihat kotor dan juga tidak terawat. Namun, apabila kita selalu merawat motor kita secara rutin, maka kepercayaan diri kita akan tumbuh dalam diri kita.

Dengan menggunakan sepeda motor yang terawat dan terjaga kebersihannya, kita tidak akan malu lagi untuk bepergian kemanapun. Cara mengkilapkan body motor ini sendiri dapat diterapkan pada saat kita mencuci motor, mengeringkan, dan juga dalam hal perawatannya. Mencuci motor telah menjadi suatu kegiatan rutin yang perlu anda lakukan. Mencuci motor ini bisa anda lakukan sendiri di rumah ataupun pergi ke tempat pencucian motor. Motor sebaiknya kita rawat secara rutin.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Berikut ini kami bagikan cara mengkilapkan body motor pada saat mencuci, mengeringkan, dan perawatannya. Langsung saja simak caranya di bawah ini.

1. Mencuci Motor

Dalam melakukan pencucian motor, sebaiknya anda lakukan secara rutin. Akan tetapi, terdapat satu hal yang perlu anda perhatikan, yakni jangan terlalu sering mencuci motor anda. Hal ini dikarenakan bisa menyebabkan cat pada motor anda menjadi cepat pudar. Memang cat sepeda motor sekarang ini semakin tipis daripada zaman dulu.

Selain itu, mencuci motor yang benar ialah dengan menggunakan shampo khusus motor. Jangan sampai anda menggunakan sabun, detergen, sabun colek, ataupun sabun yang lainnya. Hal ini dikarenakan, detergen atau sabun apapun itu memiliki zat bahan kimia yang tidak seharusnya digunakan pada motor. Kandungan zat bahan kimia tersebut dapat merusak kualitas cat dalam jangka panjang.

Lalu untuk mencuci, anda gunakan spons yang memiliki tekstur halus. Dengan begitu, ketika anda menggosokkannya ke body motor tidak terdapat goresan-goresan kecil yang nantinya justru akan merusak cat motor akibat ulah spons yang bertekstur kasar.

2. Mengeringkan Motor

Ketika mengeringkan motor, anda sebaiknya menggunakan kanebo. Anda gunakan kanebo yang berkualitas baik. Anda juga bisa menggunakan microfiber waffle untuk mengeringkan motor, namun harganya relatif lebih mahal. Pada saat anda mengeringkan motor, usahakan lap selalu dibilas. Hal ini dilakukan agar tidak ada sisa kotoran yang menempel di bagian motor lainnya.

3. Merawat Motor

Banyak sekali produk yang beredar luas di pasaran yang digunakan untuk mengkilapkan motor. Produk tersebut kemungkinan besar telah menggunakan bahan kimia yang tidak baik untuk cat motor. Maka dari itu, sebaiknya anda menggunakan minyak goreng untuk mengkilapkan motor anda.

Setelah anda mencuci motor dan mengeringkannya. Tunggulah beberapa menit hingga motor benar-benar kering. Kemudian anda oleskan minyak goreng secara merata ke semua bagian body sepeda motor. Setelah minyak goreng anda oleskan secara merata, anda ambil kain yang bersih serta halus untuk mengelap minyak goreng tersebut.

Jika bagian body terdapat kotoran yang ditimbulkan akibat air hujan yang berminggu-minggu tidak dibersihkan dan bahkan telah menjadi kerak, anda cukup menggunakan minyak kayu putih. Caranya yaitu dengan meneteskan beberapa tetes di kain yang bersih. Kemudian anda gosokkan di bagian yang kotor tersebut secara perlahan supaya tidak merusak cat motor keren anda. Jika olesan pertama yang anda lakukan masih belum hilang, anda dapat lakukan lagi hingga kotoran tersebut memudar dan hilang.

loading...