5 Cara Mengecat Body Motor Agar Makin Kinclong

Motor dengan tampilan kinclong tentu menjadi dambaan setiap pemilik motor. Hal ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Dengan seiring waktu, tampilan motor tentu akan berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya yaitu faktor usia penggunaan motor, kondisi jalanan, dan cara perawatan motor. Terlebih lagi untuk tampilan cat motor pada body motor berbahan plastik. Cara mengecat body motor yang benar sangatlah diperlukan.

Pasalnya, body motor berbahan plastik ini terbilang sangat mudah tergores atau baret. Hal ini tentu dapat memudarkan warna cat motor tersebut. Tampilan body motor yang baret-baret akibat tergores ataupun terjatuh memang sangat mengganggu dan kurang nyaman dipandang. Nah, salah satu solusinya ialah dengan melakukan cara mengecat body motor yang benar. Untuk menghemat biaya, anda dapat mengecatnya sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel pengecatan.

Cara Mengecat Body Motor

Pada umumnya, untuk mengecat motor tersebut tidaklah rumit maupun sulit. Tentunya, anda harus memiliki tingkat kesabaran dan juga keuletan yang tinggi. Pasalnya, ada beberapa teknik yang harus anda kuasi dan mengerti, apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan juga memuaskan. Berikut cara mengecat body motor yang benar.

Supaya anda mudah dalam pengecatan sepeda motor tersebut, tentunya anda perlu menyiapkan bahan baku dan juga alat-alat pendukungnya. Dengan begitu, mulai dari tahap awal hingga finising, pekerjaan anda akan terealisasi dengan mudah. Bahan baku dan juga alat yang perlu anda siapakan tersebut adalah sebagai berikut.

Bahan baku:

  • Amples
  • Clear Coat
  • Kompon / Kit
  • Dempul
  • Tinner
  • Cat
  • Epoxy

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Selangan Angin
  • Kompresor Angin
  • Sped Cat

Langkah Pengecatan Body Motor

Setelah anda persiapkan bahan baku dan alat-alat yang diperlukan, barulah anda melakukan pengecatan motor anda.

1. Pengamplasan

Lakukan pengamplasan terlebih dahulu. Untuk tahap pengamplasan ini, anda gunakan amplas yang sesuai sehingga permukaan yang akan dicat menjadi halus. Untuk pengamplasan bodi berbahan plastik dapat menggunakan ukuran amplas 400. Sementara untuk bodi berbahan besi/kaleng, gunakan amplas 200.

2. Penyemprotan Epoxy

Setelah pengampalasan, lanjutkan ke tahap penyemprotan Epoxy. Penggunaan Epoxy ini harus dicampur dengan Tinner dengan campuran yang sedang saja. Setelah penyemprotan Epoxy merata dan kering, biasanya masih ada pori-pori yang tidak tertutup. Hal ini dapat diatasi dengan dempul. Setelah anda dempul dan mengering, lakukan pengamplasan lagi. Kemudian semprotkan Epoxy lagi. Panaskan hasil semprotan hingga kering. Anda bisa membiarkannya hingga benar-benar mengering, anda bisa tunggu dalam waktu 1 -2 hari baru dilanjut ke langkah berikutnya.

3. Penyemprotan Dasar Cat

Langkah selanjutnya ialah penyemprotan dasar cat. Sebelum anda menyemprokan cat tersebut, sebaiknya cat motor juga harus ada campuran Tinnernya. Campuran tersebut pun juga harus disesuaikan, tidak terlalu kental, dan juga tidak terlalu encer, yang sedang saja.

4. Penyemprotan Clear

Setelah Cat dasar mengering, bisa melangsungkan ke penyemprotan Clear, untuk Clear ada dua campuran, Obat Clearny dan Tinner, untuk ukuran campurannya samaja di sesuaikan, tidak kental dan tidak encer. Setelah Clear di semprotkan usahakan di keringkan semaksimal mungkin, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

5. Pemolesan

Langkah terakhir dalam mengecat body motor ialah tahap mengompon atau memoles. Sebenarnya, tahap memoles ini tidak perlu dilakukan kalau hasil cat tersebut terhidar dari debu dan bersih. Tahap memoles ini hanya dilakukan untuk menghilangkan sisa debu yang menempel. Apabila tidak ada, maka tidak perlu dipoles.

loading...