Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor Sederhana

Bagi anda yang hobi memancing, tentu sudah mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan hasil tangkapan yang maksimal. Selain dengan memancing, ada beberapa cara yang umum digunakan untuk menangkap ikan diantaranya yaitu dengan menggunakan jaring dan setrum. Menangkap ikan dengan setrum tersebut dapat dirakit dengan cdi motor. Cara membuat setrum ikan dengan cdi motor terbilang mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan peralatan sederhana dan barang-barang bekas, seperti cdi motor bekas.

Meski mudah, cara membuat setrum ikan dengan cdi motor diperlukan ketrampilan dan juga ketelitian yang cukup tinggi. Pada dasarnya, cara membuat setrum ikan sendiri terbilang tidaklah rumit. Bahan dan juga alat yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Hanya ada beberapa komponen yang anda perlukan. Bahkan komponen tersebut dapat anda temui dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor

Berikut adalah beberapa komponen atau bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat setrum ikan sederhana dari barang bekas yang adapat kita temukan di lingkungan sekitar.

Komponen Membuat Setrum Ikan

  • Akumulator atau Accu 10 Ah (lebih maksimal menggunakan 2 accu)
  • Condensator berfungsi sebagai filter (peredam percikan yang tinggi)
  • Platina dapat digunakan dengan cdi motor sebagai pemigu ggl
  • Stick dan juga jaring sebagai output rangkaian setrum ikan
  • Saklar untuk mematikan dan menyalakan saluran accu yang menuju ke spool

Setelah semua bahan atau komponen yang diperlukan tersebut siap, anda lanjutkan ke step berikutnya. Dalam membuat sebuah alat setrum ikan sederhana tadi, anda dapat menggunakan platina. Akan tetapi, hal tersebut sifatnya tidak wajib. Pasalnya, anda juga dapat membuat setrum ikan tanpa menggunakan platina. Anda hanya cukup mengganti platina dengan menggunakan cdi motor bekas yang pastinya lebih mudah untuk ditemukan.

Penggunaan CDI (capasitor discharge ignition) tersebut akan lebih praktis. Hal ini dikarenakan pengguna dapat melihat sekaligus mengontrol voltage dan juga frekwensi yang dikeluarkan rangkaian alat setrum ikan. Jika semuanya sudah clear, berikut adalah step by step cara membuat coil (kumparan) untuk setrum ikan sederhana tersebut.

Langkah Membuat Setrum Ikan

Langkah pertama, anda siapkan inti besi lunak terlebih dahulu. Kemudian anda lapisi inti besi itu dengan prespan atau plastik mika. Jika tidak mempunyai prespan, anda dapat menggunakan kertas semen bekas. Baru setelah itu, anda gulung kawat email menggunakan susunan yang rapih tanpa ada celah di inti besi lunak yang sebelumnya telah dilapisi prespan. Setelah gulungan tersebut sampai ujung, anda lapisi kembali menggunakan prespan atau kertas semen bekas pada bagian atasnya.

Kemudian gulung kawat email tersebut kembali. Ulangi proses tersebut sampai 3 lapis. Kemudian dua ujung kawat yang ada tersebut akan digunakan sebagai terminal coil primer. Gulung kawat email baru di bagian atas lilitan primer yang telah dibuat tadi. Caranya pun sama, namun jumlah lapisannya dibuat lebih banyak, 5 hingga 6 lapis. Kemudian kedua ujung coil tadi digunakan untuk terminal coil sekunder.

Output yang dihasilkan dipengaruhi oleh ukuran kawat email. Maka dari itu, dalam proses pelilitan, anda ukur tegangan maupun arus output rangkaian yang sudah dibuat terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan multimeter ataupun bisa dengan lampu bohlam. Umumnya ukuran kawat email untuk kumparan primer memiliki diameter 0,6 mm. Sementara ukuran kawat email sekunder memiliki diameter sekitar 0,9 mm.

loading...