7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

In Ikan, Ikan Hias

Indonesia kaya akan sumber daya alam yang mampu menghasilkan beraneka macam ikan hias air tawar. Beragam jenis ikan hias air tawar pun telah berhasil dibudidayakan. Ada banyak jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, mulai dari kolam, aquarium, dan bahkan bak. Dengan alasan mudah dipelihara, banyak pecinta ikan yang memilih jenis ikan hias air tawar tersebut.

Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa dinamakan ikan hias?. Hal ini tak lain karena pesona keindahan body dan juga warna pada sisik ikan yang menggoda mata bagi siapapun yang melihatnya. Tak hanya dapat dipelihara sendiri, banyak pecinta ikan yang mencari jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara untuk diperjual belikan di pasaran.

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Untuk anda yang sedang mencari ikan hias, baik untuk dipelihara sendiri maupun diperjual belikan. Berikut ikan hias air tawar yang mudah dipelihara selengkapnya untuk anda.

1. Cupang

Banyak yang menganggap ikan hias air tawar cupang dulunya adalah ikan liar di sungai. Namun kini telah banyak pecinta ikan yang mengetahui bahwa ikan cupang adalah jenis ikan yang memiliki banyak spesies dengan beragam warna. Jenis ikan cupang ini dibanderol dengan harga yang terbilang cukup tinggi per ekornya.

2. Louhan

Tak hanya cupang, satu lagi ikan hias air tawar mudah dipelihara ialah ikan louhan. Jenis ikan hias louhan ini mudah anda pelihara, tak terkecuali di dalam aquarium sekalipun.

3. Guppy

Jenis ikan hias yang populer dan juga mudah dipelihara selanjutnya ialah ikan yang berasal dari Indonesia, yakni ikan guppy. Tak hanya mudah dipelihara, jenis ikan guppy ini juga terbilang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Untuk ukurannya, ikan guppy ini umumnya memiliki ukuran sekitar 2,5 cm.

4. Koi

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki banyak penggemar. Ikan koi ini begitu cantik dengan variasi bintik-bintik yang banyak terdapat dipunggungnya. Hal inilah yang kemudian menjadi trend. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri.

5. Sapu-Sapu

Dengan adanya keunikan dan juga kecantikan yang menjadi ciri khas tersendiri dari ikan hias air tawar Sapu-Sapu, ternyata terdapat dalam beragam jenis. Dari sekian banyak jenis ikan hias sapu-sapu ini, ikan sapu-sapu yang terbilang lebih populer dikalangan pecinta ikan ialah ikan hias sapu-sapu zebra pleco. Jenis ikan hias sapu-sapu zebra pleco ini sangat menarik dengan corak dan juga ciri seperti halnya jalan penyebrangan zebra cross. Hal tersebut menjadi daya ketertarikan tersendiri.

6. Blackghost

Jenis ikan hias blackghost ini memiliki banyak varian warna. Beragam varian warna tersebut dapat anda lihat di bagian ekor. Hal ini menjadi ciri khas maupun daya tariknya. Ikan hias blackghost ini juga memiliki beragam sebutan. Beberapa diantaranya yaitu bulu ayam dan penari balet.

Disebut bulu ayam karena ketika ikan ini bergerak, tubuhnya akan terlihat mirip bulu ayam tegak dan bahkan membentuk sudut sebesar 90 derajat. Lain halnya dengan sebutan penari balet. Ikan ini menyerupai lumba-lumba yang jungkir balik dengan pesona kelenturannya.

7. Black Tetra

Untuk merawat jenis ikan hias air tawar black tetra ini disarankan memilih tempat yang agak besar. Ikan black tetra ini terkenal akan keaktifan kelincahannya dalam berenang. Dalam hal pemeliharaannya, jika anda ingin mencampurkan ikan black tetra ini dengan ikan hias lainnya, usahakan pilih ikan hias yang berukuran sebanding dengannya.

Tags: #ikan hias air tawar #ikan hias air tawar mudah dipelihara #ikan hias air tawar yang mudah dipelihara #ikan hias yang mudah dipelihara #ikan yang mudah dipelihara

author
Author: 
    Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi
    Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi
    Munculnya hewan langka tentu saja sangat mencuri
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    Hiu Megalodon adalah spesies hiu raksasa paling
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Remora seringkali kita dengar bersamaan dengan ikan
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah

    Top