Cara Beternak Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah

In Budidaya, Ikan

Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan yang populer di Indonesia. Ikan yang satu ini memiliki tubuh indah dan cantik. Tak heran jika banyak orang yang mencarinya untuk dipelihara di aquarium. Tak hanya dipelihara di aquarium, banyak orang yang juga membudidayakannya. Untuk membudidayakan ikan cupang tersebut, anda perlu mengetahui cara beternak ikan cupang yang benar. Ikan cupang itu sendiri terdapat banyak jenis. Tentunya tiap jenis ikan cupang tersebut memiliki kekhasan masing-masing.

Harga ikan cupang terbilang relatif murah. Hal ini membuatnya banyak diminati. Banyaknya peminat ikan cupang tersebut, membuat banyak orang yang mengembangkannya sebagai usaha. Cara beternak ikan cupang sebenarnya sederhana. Meski begitu, anda tetap harus teliti dalam melakukannya. Dengan teknik berternak yang tepat, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal tentunya. Untuk lebih jelasnya, anda dapat simak cara jitu beternak ikan cupang berikut ini.

Cara Beternak Ikan Cupang

Beternak ikan cupang yang baik diawali dengan pemilihan bibit unggulan hingga pemijahannya. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pemilihan Bibit

Cara beternak ikan cupang dimulai dengan memilih bibit ikan cupang yang berkualitas. Bibit ikan cupang yang baik haruslah dari keturunan unggul, kondisi bugar, bebas penyakit, dan tidak ada cacat bawaan. Tempatkan secara terpisah antara bibit jantan dan juga betina. Ikan cupang jantan bercirikan gerakan yang lincah, ekor dan sirip mengembang lebar, warna cerah, dan tubuh yang lebih besar. Sementara yang betina mempunyai ekor dan sirip yang lebih pendek, warna kusam, tubuh lebih kecil, dan juga lebih lamban.

Pemijahan Ikan Cupang

Saat induk ikan cupang telah siap kawin, maka siapkan wadah seperti aquarium kecil dengan ukuran 20x20x20 cm. Setelah itu, anda sediakan pula gelas plastik untuk ikan cupang betina serta tumbuhan air seperti kayambang. Dalam waktu 24 jam setelah pembuahan, telur ikan cupang akan menetas. Ikan cupang jantan bisa dikawinkan sebanyak 8 kali dalam kurun waktu 2-3 minggu. Sementara betina, sebaiknya cukup sekali saja. Pasalnya, jika anda paksakan, maka akan menghasilkan ikan yang dominan berkelamin betina.

Cara Pemijahan Ikan Cupang

Tempat pemijahan ikan cupang diisi dengan air bersih setengah aquarium kecil atau bisa dilebihkan sedikit. Lalu, anda gunakan air sungai jernih. Sebelum anda masukkan ke aquarium tempat pemijahan ikan cupang, air harus diendapkan terlebih dahulu. Tambahkan tumbuhan air ke tempat pemijahan untuk tempat berlindung burayak. Lalu masukkan ikan cupang jantan. Biarkan dalam kurun waktu satu hari di aquarium tersebut. Kemudian masukan ikan cupang betina ke gelas plastik dan lanjut simpan di aquarium pemijahan.

Waktu pemijahan kurang lebih sekitar jam 7-10 pagi atau jam 4-6 sore. Lebih baik tempatkan aquarium pemijahan ini di tempat yang tenang, sebab ikan cupang ini cukup sensitif. Setelah terjadi pembuahan, anda keluarkan ikan cupang betina dari tempat pemijahan. Ikan cupang jantan nantinya akan memunguti telur yang sudah dibuahi lalu ditempatkan di gelembung-gelembung yang sudah dibuatnya. Telur akan menetas selama satu hari. Tidak perlu diberi pakan selama tiga hari ke depan.

Lalu di hari ke 4, anda berikan pakan ikan cupang berupa kutu air. Setelah 2 minggu sesudah telur menetas, ikan cupang jantan dapat diambil dari aquarium. Kemudian burayak dipindahkan ke tempat lebih besar. Selanjutnya, anda berikan pakan berupa kutu air yang ukurannya lebih besar (bisa memberinya larva nyamuk). Saat telah berumur 1,5 bulan, anda pilah ikan cupang jantan dan betina. Anda pisahkan ke wadah pembesaran.

Tags: #beternak cupang #beternak ikan #beternak ikan cupang #cara beternak #cara beternak cupang #cara beternak ikan #cara beternak ikan cupang #ikan cupang

author
Author: 
    Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi
    Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi
    Munculnya hewan langka tentu saja sangat mencuri
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    Hiu Megalodon adalah spesies hiu raksasa paling
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Remora seringkali kita dengar bersamaan dengan ikan
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah

    Top