4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik

Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah cukup kenal dengan ikan cupang. Ikan cupang ini sudah banyak tersebar di tiap wilayah di Indonesia. Bahkan tak hanya di Indonesia saja, ikan cantik ini juga terdapat di Vietnam, Kamboja, Malaysia, Thailand, dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya cantik, ikan cupang juga memiliki daya tarik lainnya. Salah satunya ialah faktor ukuran. Ada beberapa jenis ikan cupang yang memiliki ukuran jumbo. Tak heran jika ikan cupang terbesar selalu dicari para pecinta ikan hias.

Ikan cupang itu sendiri merupakan ikan yang kuat sehingga dapat hidup lama. Bahkan jika ikan cupang tersebut anda tempatkan di baskom air dengan volume sedikit tanpa sirkulasi udara sekalipun, ikan cupang tersebut masih dapat bertahan hidup. Ikan cupang ini cenderung agresif mempertahankan wilayahnya. Jenis ikan cupang ini beragam dengan ukuran yang berbeda-beda. Nah, untuk ikan cupang terbesar akan kami ulas pada pembahasan dibawah ini.

Ikan Cupang Terbesar

Berikut adalah beberapa jenis ikan cupang yang memiliki ukuran relatif besar. Langsung saja anda simak ulasan ikan cupang terbesar dibawah ini.

1. Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang Halfmoon ini memiliki ekor dan juga sirip yang terlihat seperti menyatu. Ekor dan sirip ikan cupang Halfmoon ini membentuk setengah lingkaran, seperti namanya. Apabila anda lihat dari samping, siripnya tampak mirip layaknya bulan yang terbelah. Banyak pecinta ikan hias yang memeliharanya karena penampilan ikan ini indah dan juga anggun. Untuk variannya, ikan cupang Halfmoon ini memiliki banyak varian warna. Varian warna tersebut mulai dari biru, hitam, kuning, merah menyala, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Ikan Cupang Giant

Jenis ikan cupang yang satu ini telah berhasil dikembangbiakkan oleh pecinta ikan cupang Thailand. Ikan cupang Giant ini memiliki ukuran yang dapat mencapai 12 cm. Ukuran ini jauh lebih besar dari ikan cupang biasanya, yang paling hanya mencapai kisaran ukuran 5 cm–6 cm. Jenis ikan cupang Giant ini dikembangkan dari persilangan ikan cupang plakat dengan jenis ikan cupang lainnya. Sekarang ini setiap jenis cupang hampir memiliki versi giantnya, diantaranya yaitu double tail giant, halfmoon giant, crown tail giant, dan banyak lagi lainnya.

3. Ikan Cupang Betta Bellica

Jenis ikan cupang ini juga sering disebut dengan nama Standard Betta. Ikan cupang ini didominasi dengan warna kuning kehijauan metalik, atau kuning kebiru-biruan. Ikan cupang Betta Bellica ini memiliki bentuk kepala bulat panjang dengan sirip anal yang berwarna kuning transparan. Warna yang sama pada sirip ekor, punggung, dan juga perut pendek, yakni kuning kehijauan atau warna kuning kebiruan. Jenis ikan cupang ini dapat tumbuh sampai ukuran mencapai 9 cm di alam bebas. Dengan tampilan yang cantik, ikan cupang ini dapat dijadikan ikan hias di rumah anda.

4. Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang ini juga dikenal dengan sebutan ikan cupang Cagak. Layaknya jenis ikan cupang Halfmoon, ekor milik ikan cupang Double Tail ini juga membentuk setengah lingkaran. Namun ada sedikit perbedaan. Jenis ikan cupang double tail ini seolah membelah ekornya menjadi dua bagian, seperti namanya. Dengan begitu, penampilannya lebih terlihat mirip lambang hati yang dimiringkan. Sayangnya, jenis ikan cupang Cagak ini tergolong sulit dikembangkan. Maka dari itu, jenis ikan cupang ini masih terbilang jarang ditemui di pasaran.

loading...