5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon

Hiu Megalodon adalah spesies hiu raksasa paling besar di dunia yang sempat hidup di zaman purba. Berdasarkan penelitian, ukuran ikan hiu Megalodon ini dapat mencapai 10 kali lipat lebih besar dari ukuran ikan hiu sekarang. Para peneliti juga percaya bahwa hiu Megalodon ini merupakan jenis ikan hiu yang sangat ganas dan juga buas. Meski telah dinyatakan punah oleh banyak peneliti, namun ada beberapa orang yang percaya bahwa hiu Megalodon ini masih ada dan berada di perairan yang sangat dalam.

Menurut wikipedia, ikan hiu Megalodon hidup sekitar 20-1,2 juta tahun lalu. Ikan ini memiliki ukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Hiu ini memiliki nama yang berarti “gigi yang besar”. Hiu Megalodon ini diperkirakan dapat tumbuh mulai dari 15-20,3 meter dengan berat sebesar 80-100 ton jauh lebih besar dari hiu paus, Rhinocodon typus. Tak heran jika ikan hiu yang satu ini termasuk ke dalam salah satu ikan predator paling ganas di dunia ini.

Fakta Ikan Hiu Megalodon

Pada 2015 lalu, dunia sempat geger setelah beredarnya video rekaman yang diduga sebagai penampakan ikan hiu Megalodon. Video ini berasal dari palung Mariana, palung paling dalam di dunia. Robot pembawa kamera ditenggelamkan di laut dan memperlihatkan penampakan ikan hiu raksasa ini. Selain hal ini, masih ada banyak fakta yang berkaitan dengan hiu Megalodon tersebut. Langsung saja anda simak berbagai fakta hiu Megalodon berikut ini.

1. Hiu Megalodon Terbesar di Dunia

Ikan raksasa ini memiliki ukuran sangat besar dibandingkan hiu biasanya. Jika Leviathan memiliki ukuran 68 kaki, hiu Megalodon ini memiliki panjang mencapai 70 kaki atau 21 meter. Tak hanya itu saja, satu gigi Megalodon berukuran melebihi 1 tangan orang dewasa.

2. Hewan Super Predator

Hiu Megalodon dianggap oleh para peneliti sebagai hewan super predator yang ada di lautan. Dengan ukurannya yang besar dan gerakannya yang terbilang sangat cepat membuat setiap mangsanya hanya berpeluang kecil untuk dapat lolos. Dipercaya juga, hiu ini menjadi binatang predator paling dominan di lautan jutaan tahun lamanya. Hingga akhirnya, jenis hiu ini mengalami kepunahan secara tiba-tiba dan misterius.

3. Misteri Punahnya Megalodon

Alasan punahnya hiu Megalodon ini tidak ada yang mengetahuinya secara pasti. Hanya saja ada teori yang terbilang paling masuk akal dan bahkan juga banyak diyakini para ilmuwan. Teori tersebut menyebutkan bahwa kepunahan hiu Megalodon tersebut terjadi ketika puncak zaman es. Karena hal tersebut, banyak ikan besar mati, tak terkecuali dengan hiu Megalodon tersebut.

4. Great White Shark adalah Kerabat Terdekatnya

Dilihat dari garis keturunan, jenis hiu Megalodon ini dikenal sebagai Carcharadon Megalodon yang berasal dari genus Carcharodon. Sementara untuk Great White Shark ini dikenal sebagai Carcharodon carcharias yang juga berasal dari genus Carcharodon. Dikarenakan berasal dari genus yang sama, maka ikan Great White Shark ini diklaim masih satu nenek moyang dengan hiu Megalodon. Namun, ada banyak ahli paleonlotogi dan juga ilmuwan lainnya yang tidak setuju dengan pernyataan teori ini.

5. Keberadaan Fosilnya Hampir di Tiap Belahan Benua

Banyak peneliti yang mengatakan bahwa hiu Megalodon termasuk predator laut tersukses di dunia. Kesuksesannya ini dapat dilihat dari penyebaran atau keberadaan fosilnya yang dapat ditemukan di hampir tiap perairan yang ada di dunia. Ikan super predator ini memang berbeda dengan jenis predator laut lainnya di zaman prasejarah. Hiu Megalodon ini tidak hanya terbatas pada garis pantai, sungai, maupun danau saja.

loading...