Jenis Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi

In Ikan

Munculnya hewan langka tentu saja sangat mencuri perhatian masyarakat. Salah satu fenomena tersebut adalah ikan langka ditemukan di aliran lahar Merapi. Fenomena langka ini menjadi perbincangan publik yang begitu heboh hingga beberapa pekan. Pasalnya, munculnya ikan langka tersebut terbilang aneh dan membuat banyak orang keheranan. Terlebih lagi, ikan langka tersebut ditemukan dalam bentuk yang juga terbilang berbeda dengan ikan yang lainnya.

Seekor ikan langka ditemukan di aliran lahar Merapi ini membuat banyak orang kebingungan. Masyarakat kebingungan dengan asal muasal ikan langka tersebut. Apalagi, ikan langka ini ditemukan di aliran lahar Merapi yang tentu saja cukup aneh. Bahkan ada masyarakat yang menganggap bahwa ikan ini berasal dari sungai Amazon. Meski aneh, masyarakat tidak memberinya perlakuan yang khusus. Untuk lebih jelasnya, anda dapat simak pada ulasan dibawah ini.

Ikan Langka Ditemukan di Aliran Lahar Merapi

Seekor ikan langka ditemukan di aliran lahar merapi oleh warga Sleman. Aliran lahar gunung Merapi yang dingin setelah meletus, mengalir ke beberapa sungai di Sleman, Yogyakarta, memang terbukti memberikan berkah untuk warga sekitar aliran sungai. Ikan langka berhasil ditangkap oleh salah satu warga yang tengah menangkap ikan di Sungai Kuning. Aliran lahar dingin yang mengalir hingga ke sungai di dekat permukiman warga, menjadikan berbagai macam jenis ikan yang ada di dasar sungai keluar ke pinggiran.

Fenomena ini dimanfaatkan oleh puluhan masyarakat untuk menangkap sekaligus memanen banyak ikan dengan gratis. Salah satu warga di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Basuki yang berusia 38 tahun, bersama-sama 3 rekannya berhasil menangkap seekor ikan langka tersebut. Ikan langka yang warga temukan tersebut memiliki ukuran yang sangat besar. Diketahui bahwa ikan langka ini berjenis sidat. Ikan sidat ini ditemukan di bawah jembatan Dusun Sorogenen.

Penemuan Ikan Sidat

Ikan langka yang ternyata adalah ikan sidat ini dikabarkan sebagai jenis ikan yang berbahaya. Bahkan menurut warga setempat, ikan sidat tersebut bisa mengeluarkan aliran listrik dan juga sanggup menyengat saat terdesak. Ikan ini memiliki ukuran panjang sekitar 1 meter dengan berat 7 kg lebih. Penemuan jenis ikan yang langka ini berlanjut menjadi pusat minat warga yang sedang melintas di dekat lokasi. Tepatnya berada di depan Bandara Adisucipto, jalan Yogya-Solo.

Jenis ikan sidat ini hampir mirip dengan belut. Meski terbilang ikan aneh dan langka, sang penemu tidak memperlakukannya secara khusus. Bahkan, ia hendak memasaknya untuk dinikmati bersama teman-temannya. Karena tidak diketahui secara pasti tentang asal muasalnya, ada juga warga yang beranggapan bahwa ikan sidat ini berasal dari sungai Amazon.

Mengenal Ikan Sidat

Sidat atau yang juga biasa di sebut dengan sebutan belut ini adalah kelompok ikan yang mempunyai bentuk tubuh menyerupai ular. Ikan sidat ini masuk ke dalam Ordo Anguilliformes, yang terdiri dari 4 subordo, 110 genera, 19 famili, dan juga 400 spesies. Kebanyakan ikan sidat ini hidup di laut. Meski begitu, ada pula ikan sidat yang hidup di air tawar. Pergerakan ikan sidat ini tergantung pada liak-liuk tubuhnya yang licin dan panjang.

Tubuhnya diselubungi oleh lendir. Ikan ini mempunyai sisik-sisik kecil yang berbentuk panjang, dan tersusun tegak lurus di poros panjangnya. Susunan sisik tersebut biasanya membentuk gambar mozaik layaknya anyaman bilik. Sirip di bagian duburnya menyatu dan juga berjari-jari lemah. Sirip dadanya terdiri atas 14 hingga 18 jari-jari sirip.

Tags: #ikan ditemukan di aliran lahar merapi #ikan langka #ikan langka ditemukan #ikan langka ditemukan di aliran lahar #ikan langka ditemukan di aliran lahar merapi

author
Author: 
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    5 Fakta Mengerikan Mengenai Ikan Hiu Megalodon
    Hiu Megalodon adalah spesies hiu raksasa paling
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Mengenal Lebih Dekat Dengan Jenis Ikan Remora
    Remora seringkali kita dengar bersamaan dengan ikan
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    4 Jenis Ikan Cupang Terbesar Dengan Tampilan Tercantik
    Bagi para pecinta ikan hias tentu sudah
    Cara Beternak Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah
    Cara Beternak Ikan Cupang Untuk Pemula di Rumah
    Ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan

    Top